Sabtu, 20 Juli 2013

Mengapa Tunjangan Sertifikasi 2013 belum cair?

Para guru penerima sertifikasi sejak enam bulan terakhir belum menerima tunjangan tersebut. Mereka pun berharap, agar hak itu bisa segera dicairkan.

Banyak yang mengatakan sebelum menggunakan data dapodik tunjangan sertifikasi lancar, tetapi untuk tahun ini setelah menggunakan sistem dapodik muncul kendala sehingga sudah enam bulan terakhir dana tunjangan belum turun. 

Dan sebenarnya  permasalahannya bukan soal turun atau tidak turun, tapi untuk guru ada 3 persyaratan yang harus dimiliki, yakni memiliki sertifikat pendidik, harus memiliki SK,  dan mengajar 24 jam linier.

Sejauh ini masih ada kesalahan upload data Dapodik atau atau prosesnya lambat. Keterlambatan  pencairan dana tunjangan sertifikasi disebabkan karena beberapa kendala salah satunya karena data yang di upload lewat internet banyak yang salah. Keadaan ini kemudian menghambat pencairan dana tunjangan sertifikasi guru.

Selain masalah tersebut, ternyata ada masalah lain. Ada beberapa guru yang  sertifikat pendidiknya pada bidang studi berbunyi “bidang studi lainnya”, maka harus berkonsultasi dengan institut atau Perguruan Tinggi yang mengeluarkan sertifikat tersebut agar perguruan Tinggi tersebut  dapat membetulkan / memberikan surat keterangan sesuai dengan bidang studi guru yang bersangkutan.

Masalah-masalah lainpun masih banyak yang menyebabkan SK tidak turun dan akhirnya menyebabkan tunjangan sertifikasi tidak keluar.

Bagi yang  sudah tidak ada masalah terkait Dapodik, maka ada kemungkinan tunjangan sertifikasi bisa segera cair. Sementara itu, yang belum sukses upload data, data dikirim ke Jakarta secara manual atau offline, agar segera bisa dikeluarkan SK dari pusat. 

Tetapi tetap semangat mengajar Bapak Ibu.... semua pasti ada jalan keluarnya. 

Demikian info ini semoga bermanfaat bagi pembaca / pengunjung yang budiman...... 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar