Kamis, 13 Juni 2013

Kurikulum 2013: BUKU SD AKAN GANTI TIAP TAHUN

Jakarta , Buku teks pelajaran jenjang Sekolah Dasar (SD) Kurikulum 2013 akan berlaku sekali pakai. Pada tahun berikutnya, pemerintah akan mencetak buku baru. Itu berarti percetakan buku akan dilakukan setiap tahun.

“Buku akan dicetak tiap tahun karena buku untuk SD tidak bisa digunakan untuk (peserta didik) berikutnya karena sudah dicoret-coret,” kata Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Ramon Mohandas di  Jakarta pada keterangan pers yang diterima Republika Kamis (6/6).

Ramon mengatakan, evaluasi peserta didik pada Kurikulum 2013 dilakukan dengan menilai portofolio. Pengukuran, kata dia, dilakukan secara autentik atas apa yang mereka lakukan dan dinilai secara kualitatif.

“Semua aktivitas mereka dikumpulkan oleh guru dan bisa dilihat prosesnya dengan tugas yang diberikan,” katanya.

Ramon menyampaikan, pemerintah akan mencetak buku dan dibagikan kepada sebanyak jumlah peserta didik dan diberikan secara gratis. “Orang tua tidak akan dibebani, gratis,” tuturnya.

Ramon mengatakan, untuk jenjang SD  kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Dia juga menyebutkan, untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama.

Hanya saja kata dia, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak 5 buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.

“Seharusnya untuk satu tahun kelas 1 ada 8 tema dan kelas 4 ada 9 tema. Tapi sekarang yang dikembangkan baru 4 buku pertama saja. Buku semestar kedua dikembangkan setelah ini selesai semua dan akan digunakan Januari tahun depan,” jelasnya.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/06/06/mnylap-buku-teks-sd-kurikulum-2013-akan-ganti-tiap-tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar